GRATIS: Microsoft Office 2010 Web version

image Beberapa hari yang lalu, di acara Worldwide Partner Conference, Microsoft mengumumkan bahwa Microsoft Office 2010 sudah memasuki fase Technical Preview. Pengumuman ini mendapat coverage dari banyak media, termasuk dari Network World (“Microsoft Office 2010 Takes On Google At Its Own Game” dan “Microsoft Office Web Apps still cloaked in mystery”) dan Guardian (“Office 2010 test opens; free Web versions later”).

Seperti bisa dilihat dari judul artikel-artikel tsb, salah satu hal utama yang disorot adalah keputusan Microsoft untuk menggratiskan versi online (atau Web version) dari Microsoft Office 2010. Hal ini membuat Microsoft akan head-to-head dengan Google dan penyelenggara Online Productivity Suite lainnya. Dan mengingat sangat populernya Microsoft Office, keberadaan versi online yang gratis akan mengguncangkan pasar.

Sayangnya, Microsoft belum memberikan detail apapun mengenai versi online ini ke publik. Walaupun secara internal sudah sering didemokan, tetapi detail fungsi-fungsi apa saja yang akan tersedia masih belum diumumkan. Hal ini akan sangat menentukan kesuksesan produk ini. Tapi, tetap saja, berhubung harganya free, tentunya pengguna akan tergoda untuk mencoba dan menggunakan.

Berdasarkan pengumuman Microsoft, Office Online/Web akan tersedia melalui 3 cara: free untuk consumer dan di-host di data center Microsoft, free untuk Volume License customers dan di-host di data center customer sendiri, dan layanan berbayar untuk perusahaan lainnya yang di-host oleh partner Microsoft. Harga layanan berbayar ini masih belum diumumkan, tetapi banyak pihak berspekulasi bahwa harganya tidak akan jauh dari harga yang ditawarkan oleh Google.

Mengingat Office 2010 sudah masuk fase Technical Preview, berarti Microsoft Office 2010 masih berjalan sesuai jadwal dan diperkirakan akan diluncurkan pada awal tahun 2010. Mari kita tunggu!

Note: Informasi resmi dari Microsoft mengenai Office 2010 dapat dilihat di website Microsoft Office 2010, termasuk screenshots.

Add a Comment