Kapan Windows 7 akan tersedia?

windows 7 bl v Melihat tingginya keingintahuan konsumen mengenai Windows 7, sepertinya tidak heran kalau 1 hal yang paling banyak ditanyakan adalah: kapan Windows 7 akan tersedia?

Seperti sudah saya posting sebelumnya, Windows 7 akan mencapai General Availability pada tanggal 22 Oktober 2009. General Availability artinya konsumen umum akan dapat membeli Windows 7 di toko-toko komputer pada tanggal tersebut. Saat ini pun sudah banyak toko komputer yang menyediakan pre-order, sehingga konsumen akan lansung mendapatkan Windows 7 pada hari-H.

Bagaimana dengan partner dan konsumen bisnis?

Untuk Partner dan OEM

Partner ISV (Independent Software Vendor) dan IHV (Independent Hardware Vendor) akan dapat mendownload Windows 7 RTM pada tanggal 6 Agustus 2009 dari Microsoft Connect ataupun MSDN. Bila anda adalah partner yang sedang mengerjakan produk berbasiskan Windows 7, bersiaplah untuk melakukan uji akhir terhadap produk Anda dengan menggunakan versi final dari Windows 7.

Microsoft Partner yang termasuk dalam Microsoft Partner Program, baik itu Gold maupun Certified level, dapan mulai mendownload Windows 7 RTM pada tanggal 16 Agustus melalui Microsoft Portal Network. Mulai 1 Oktober 2009, semua bahasa sudah tersedia.

Partner yang menggunakan Microsoft Action Pack Subscription dapat mulai mendownload Windows 7 RTM sejak 23 Agustus 2009, dan sejak 1 Oktober 2009, semua bahasa sudah tersedia.

Partner OEM akan mulai menerima image Windows 7 RTM kurang lebih 2 hari sejak Microsoft mengumumkan ketersediaan Windows 7 RTM. Partner OEM dapat mengakses image ini lebih cepat karena hanya dibutuhkan sedikit waktu untuk mengirimkannya secara elektronik, dan memungkinkan mereka untuk mulai mempersiapkan image versi mereka masing-masing (lengkap dengan aplikasi dan driver masing2 OEM) dan sudah siap untuk pembelian oleh konsumen pada saat GA nantinya.

Konsumen Bisnis

Apabila anda adalah konsumen Volume License (VL) dengan Software Assurance (SA) yang aktif, anda dapat mulai mendownload Windows 7 RTM sejak tanggal 7 Agustus 2009 melalui Volume License Service Center. Bahasa-bahasa lain akan mulai tersedia beberapa minggu kemudian.

Konsumen Volume License tanpa SA dapat mulai membeli Windows 7 melalui VL sejak tanggal 1 September 2009.

Profesional TI

Profesional TI yang memiliki TechNet Subscriptions dapat mulai mendownload Windows 7 sejak tanggal 6 Agustus 2009, dan bahasa-bahasa lainnya sejak tanggal 1 Oktober 2009. Untuk Profesional TI yang bekerja di perusahaan yang memliki lisensi VL, anda akan dapat mulai menggunakan Windows 7 bersamaan dengan terbukanya akses bagi perusahaan anda (silahkan lihat bagian “Konsumen Bisnis” di atas).

Developer

Developer dengan MSDN Subscriptions mulai dapat mendownload Windows 7 RTM sejak tanggl 6 Agustus 2009, dan bahasa-bahasa lainnya sejak tanggal 1 Oktober 2009.

Beta Tester dan Aktivis TI lainnya

Beta Tester tentu saja tidak akan langsung mendapatkan copy Windows 7 RTM secara gratis 🙂 Bagi mereka yang memiliki akses ke MSDN ataupun TechNet, tentunya akan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mendapatkan Windows 7 RTM. Beberapa toko komputer juga sudah menyediakan pre-order untuk Windows 7. Bagi pengguna Windows 7 RC, tentunya akan dapat menggunakan Windows 7 hingga akhir dari batas waktu RC.

Microsoft juga sudah mengkonfirmasikan bahwa Windows 7 akan memiliki Family Pack untuk pengguna rumah dengan maksimum 3 PC. Hanya saja, Family Pack ini hanya tersedia untuk versi Home Premium dan hanya untuk negara-negara tertentu. Mari kita lihat apakah akan tersedia untuk Indonesia 🙂

Konsumen umum

Untuk konsumen umum, pengumuman sebelumnya tetap berlaku: Windows 7 akan tersedia di toko-toko komputer sejak tanggal 22 Oktober 2009.

Sumber: official blog Windows 7

Add a Comment