Google Chrome OS: Ancaman bagi Microsoft Windows?

Setelah Google mengumumkan keberadaan (atau lebih tepatnya, rencana keberadaan) sistem operasi Chrome, terdapat banyak sekali tanggapan dari berbagai pihak di Internet, mulai dari yang mendukung sampai yang mencela total. Dari beberapa koleksi link yang saya punya, termasuk diantaranya dari Randall C.Kennedy (InfoWorld) “An ice cube’s chance in Hell of succeeding”, Dave Winer (Scripting.com) – “The Java Wars, continued”, painContent.org – “Five Reasons Why Microsoft Does Not Need To Worry About Google Chrome OS”, The Secret Diary of Steve Jobs – “Let’s all take a deep breath and get some perspective”, Neil Mcallister (InfoWorld) – “Cloud computing made real”, dan tentu saja, the famous Robert X.Cringely (InfoWorld) – “Are we saved at last?”. Sebenarnya masih banyak lagi, tapi daripada nanti dibilang blog ini hanya mengumpulkan link ke blog lain, sebaiknya saya berhenti sampai disitu saja 🙂 Lagian, ngga susah kok nyarinya, cukup masukkan “google chrome os” ke search engine pilihan anda.

Seperti sudah saya sebutkan di awal, ada pihak-pihak yang sangat mendukung di satu sisi, dan ada pihak-pihak yang mencela total di sisi lain. Model-model blog “setengah serius” seperti The Secret Diary of Steve Jobs memanfaatkan momen ini untuk menjelek-jelekkan Google dan Eric Schmidt. Tapi inti dari pembicaraan semua blog ini sama, yaitu menilai bagaimana sebenarnya impact dari Chrome OS bagi Microsoft dan bagi komunitas open source secara umum. Hal ini tidak bisa dihindari, karena bagaimanapun juga, semua sistem operasi pasti akan berkompetisi dengan Microsoft (Windows). Dan karena Chrome OS akan bersifat open source, maka komunitas open source mau tidak mau akan terseret ke dalam diskusi ini.

Sudah sejak lama, komunitas TI melihat bagaimana Google semakin lama semakin berkompetisi penuh dengan Microsoft. Hal ini semakin jelas dengan munculnya Chrome browser, dan sekarang Chrome OS. Dan yang menarik, ketakutan muncul justru bukan dari Microsoft, tapi dari komunitas TI sendiri, yang sudah lama takut dengan cara Google mengumpulkan data pengguna layanan mereka. Dan komentar dari komunitas open source tidak kalah negatifnya: menurut mereka, satu lagi sistem operasi open source tidak akan membantu komunitas open source secara keseluruhan. Kenapa Google tidak menggunakan yang sudah ada saja, seperti Ubuntu?

Melihat kondisi seperti ini, sepertinya masih banyak PR yang harus diselesaikan oleh Google. Pertama, tentu saja, mereka harus dapat meluncurkan Chrome OS ini pada waktunya, yang sepertinya ditargetkan sebelum Natal 2010. Kedua, mereka harus dapat menjelaskan kepada komunitas open source, mengapa mereka harus membuat satu lagi tambahan sistem operasi open source dan tidak memanfaatkan yang sudah ada. Ketiga, mereka harus dapat meyakinkan komunitas TI secara umum, bahwa mereka akan benar-benar menghormati privacy dari pengguna Chrome OS. Pengalaman negatif dengan Chrome browser telah membuat komunitasi TI semakin antipati dengan cara Google menangani masalah privacy ini. Keempat, tentu saja, mereka harus bisa membuat Chrome OS sangat bagus, sehingga diadopsi tidak hanya oleh konsumen umum, tapi juga oleh perusahaan.

Setelah keempat PR di atas bisa mereka kerjakan, barulah mereka dapat menjadi tantangan serius bagi Microsoft (Windows). Secara pribadi, saya sangat senang dengan keberadaan kompetisi, dan satu lagi sistem operasi tentu saja akan meramaikan kompetisi dan menguntungkan bagi konsumen. Tapi mengingat perjalanan panjang yang telah dilalui oleh Linux, MacOSX dan sistem operasi lainnya berkompetisi dengan Windows, sepertinya terlalu dini mengatakan bahwa Chrome OS (versi pertama) nantinya akan dapat langsung mengancam keberadaan Windows. Ditambah lagi dengan kenyataan bahwa pada saat tersebut, Windows 7 telah diluncurkan lebih dari 9 bulan, dan melihat review pre-release yang sangat baik sampai saat ini, sepertinya Windows 7 akan semakin memperkuat posisi Microsoft Windows di pasaran.

Tentu saja, saya bisa saja salah, krn saya juga manusia 🙂 Mari kita lihat hasilnya bersama-sama.

Add a Comment