Sebuah bug (atau feature?) OpenOffice berumur 7 tahun

image Menarik. Seorang user melaporkan sebuah bug di OpenOffice tanggal 30 Januari 2002, yaitu data yang tertimpa pada field yang hidden dalam aplikasi Calc. Dan sampai sekarang, bug ini masih belum diperbaiki secara total. Mengapa? Karena tim OpenOffice menganggap masalah ini bukan bug, melainkan permintaan feature baru. Sepanjang pengertian mereka, OpenOffice sudah berjalan sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan.

Setelah 7,5 tahun, bug/feature ini sudah bercabang menjadi beberapa bug/feature terpisah, yang sebagian sudah diperbaiki (atau ditambahkan feature nya, tergantung siapa yang bicara). Masih satu yang tersisa: data hidden masih tetap tertimpa bila menggunakan fasilitas Fill. Seorang user merekam langkah-langkah untuk memunculkan bug/feature ini.

Sebagian pihak mulai menyalahkan proses development OpenOffice, walaupun yang lain menyebutkan bahwa ini adalah masalah keterbatasan sumber daya. Well, kalau memang benar “Pelanggan adalah raja”, atau lebih tepatnya “User adalah raja”, seharusnya masalah kehilangan data seperti ini menjadi prioritas utama. Bukankah salah satu tujuan utama dari model development open source adalah untuk memastikan bahwa user dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan produk? Kenapa dalam hal ini tidak berjalan dengan baik?

Add a Comment