Perubahan persepsi terhadap Microsoft, Google, Apple dan Linux
Sebuah artikel menarik yang membicarakan bagaimana persepsi umum mengenai Microsoft, Google, Apple dan Linux mulai mengalami pergeseran. Sebenarnya hal-hal yang dibicarakan cukup spesifik, tapi si penulis berargumen bahwa hal-hal ini hanyalah awal dari perubahan yang lebih mendasar. Sebagai contoh, bagaimana Google mulai mengurangi benefit yang didapatkan oleh karyawannya untuk mengurangi cost, mulai mengubah persepsi mengenai Google sebagai tempat bekerja yang baik. Apple juga ditunjukkan memanfaatkan konsumen dengan melakukan kenaikan harga ketika kondisi pasar sedang tidak baik. Atau bagaimana Richard Stallman justru memberikan efek negatif terhadap Linux, justru ketika Microsoft sedang mendapatkan angin segar dengan hal-hal yang dilakukan bersama komunitas Open Source. Ditambah lagi dengan usaha Microsoft mengurangi harga produk-produknya dengan cara bundling, special price di negara-negara berkembang, dll.
Bagaimanapun juga, hal-hal ini masih merupakan awal dari pergeseran persepsi umum terhadap perusahaan-perusahaan, yang akan sangat menarik sekali untuk diikuti.