PHP Developers Day @ LIPI . 19 Juni 2008

Telat banget nih beritanya, tapi tetap masuk ke sini deh. Tanggal 19 Juni kemaren, ada acara PHP Developers Day di LIPI. Kerja sama yang menarik antara PDII-LIPI, IlmuKomputer.com (IKC) dan Zend, yang melibatkan unsur komunitas dari PHPUG dan PHP-ID.org. Microsoft juga ikut meramaikan =)

Acara dibuka oleh pak Putut Irwan Pudjiono dari PDII LIPI, dan langsung dilanjutkan oleh mas Romi dari IKC, yang membicarakan mengenai Software Engineer as a Profession. Menarik juga yang dibicarakan, soalnya keliatan bahwa top 10 orang terkaya di Amerika sebagian besar dari IT, sedangkan top 10 orang terkaya di Indonesia justru tidak ada satupun dari IT =)

Trus, lanjut, saya sendiri presentasi mengenai Microsoft, Open Source and Interoperability, menjelaskan apa saja yang sudah, sedang dan akan dilakukan oleh Microsoft di dunia Open Source, baik itu nyemplung langsung ataupun interoperabilitas. Dan kemudian sesi pertama ditutup oleh Rama dari Zend yang presentasi mengenai PHP Application Lifecycle Management dengan menggunakan produk dari Zend.

Setelah makan siang beramai-ramai (enak juga makanannya =)), sekarang giliran presenter dari komunitas. Luri dari PHP-ID.org menyampaikan PHP Application Interoperability dan Riyogarta dari PHPUG menunjukkan PHP Easy Step untuk belajar PHP langkah demi langkah. Lanjut dengan coffee break, dan ditutup dengan presentasi dari Risman mengenai cara melakukan web stress test dengan menggunakan Visual Studio Team Tester 2008.

Di akhir acara, ada sedikit bagi-bagi hadiah dari Zend dan Microsoft. Ada yang pakai pertanyaan, ada juga yg di acak pake aplikasi PHP yang ditampilkan di proyektor =) Selanjutnya, acara ditutup oleh Pak Hendro Subagyo dari PDII LIPI.

Ruangan dengan kapasitas 200 orang hampir terisi penuh, ditambah lagi dengan pertanyaan-pertanyaan dari peserta yang kadang-kadang mudah tapi juga kadang-kadang susah sekali =) Sepertinya acara seperti ini harus sering-sering dilakukan ya, biar lebih rame =)

Foto-foto bisa dilihat di sini.

Add a Comment