#AzureTips Membuat Lab Komputer Virtual dengan Azure Lab Services

Salah satu investasi besar yang harus dilakukan institusi pendidikan adalah lab komputer. Selain investasi untuk hardware dan software, diperlukan juga investasi untuk mengelola, mengupdate dan memastikan semua system bisa berjalan dengan baik. Apalagi untuk lab komputer yang kompleks seperti di universitas, dengan berbagai lab course yang menggunakan software yang berbeda beda. Lab Admin harus memastikan semua software bisa berjalan bersama dengan baik. Atau biasanya digunakan ruang lab berbeda untuk lab course berbeda, supaya tidak terjadi tabrakan antar software.

Azure Lab Services bisa membantu, karena lab komputer diubah menjadi virtual. Setiap lab course memiliki VM template nya sendiri, sehingga tidak lagi terjadi tabrakan antar software. Lab komputer juga bisa menggunakan hardware entry level yang lebih murah. User juga bisa mengakses Lab Services dari laptop masing-masing dari manapun. Investasi CAPEX berubah menjadi OPEX yang lebih efisien dengan pengelolaan yang minimal.

Selain di institusi pendidikan, Azure Lab Services juga bisa membantu perusahaan untuk pelatihan pegawai. Misalnya ketika melatih pegawai baru cara menggunakan aplikasi-aplikasi internal perusahaan.

Berikut adalah video cara melakukan setup Azure Lab Services. Semoga membantu 🙂 Jangan lupa untuk subscribe sehingga ada notifikasi jika ada video-video baru. Stay tuned!

Add a Comment